Kamis, 23 Februari 2017

Proposal Pengajuan Media dan Alat peraga pada sekolah

Nomor           :  /MGMP-PAI/Kab.... /     /VI /2010                      Pati, Juni  2010
Lampiran       : 1 (satu) bendel
Perihal           :  Pengajuan Jasa pengadaan media dan peraga.

Kepada yang terhormat :
Bapak/Ibu Kepala Sekolh
di-  T e m p a t.
                     
السلام عليكم ورحمةالله وبركاته
Dengan Hormat,
Sesuai dengan Perkembangan teknologi dan sumber informasi dari seluruh media, ternyata penggunaan alat peraga dan media yang sesuai sangat berpengaruh pada keberhasilan dalam proses pembelajaran dan hal itu untuk saat ini sangat digemari oleh para siswa, maka dari itu dengan ini perkenankan kami mengajukan proposal kerja sama   pada bidang jasa pengadaan alat peraga dan media mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang fokusnya pada bidang ICT di sekolah yang  Bapak pimpin.

Adapun bentuk alat peraga dan beberapa medianya dapat di lihat dalam lampiran berikutnya lengkap dengan harga dan cara pemesanan. Dengan adanya alat peraga dan media yang kami ajukan harapannya akan dapat membatu dalam proses kegiatan belajar dan mengajar dengan hasil yang maksimal, atau lebih jelasnya dapat mengunjungi web/ blog kami di :


Besar harapan kami untuk bisa kerjasama dalam hal jasa pengadaan alat peraga dan media di sekolah yang Bapak pimpin.Semoga Bapak berkenan mempertimbangkan surat pengajuan kerja sama ini, atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak kami sampaikan banyak terima kasih.
والسلام عليكم ورحمةالله وبركاته

Mengetahui,
Ketua MGMP SMA/SMK Kab.......                                       Penyedia,
           

          ..................................                                                 KholilurRohman,S.Pd. I 




PROPOSAL PENGADAAN MEDIA DAN ALAT PERAGA
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH

1.        POKOK – POKOK PIKIRAN

Diakui atau tidak sekarang ini tidak sedikit guru dalam pembelajaran di kelas masih monoton (ceramah). Termasuk didalamnya guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Guru mengajarkan di depan kelas, sedangkan peserta didik senang atau tidak harus mau mendengarkannya. Akibatnya, peserta didik merasa bosan dengan mata pelajaran yang diajarkan Hal ini ditunjukkan dengan peserta didik yang mengantuk, berbicara dengan teman, sering ijin keluar, menulis atau menggambar dan aktifitas lainnya yang tidak ada hubungan dengan mata pelajaran tersebut.
Padahal melihat peranan mata pelajaran PAI di sekolah menempatkan posisi yang sangat strategis dalam memberikan dasar keimanan dan ketaqwaan peserta didik ke depan. Dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan PAI menjadi salah satu mata pelajaran yang harus ada mulai jenjang dasar sampai Pendidikan Tinggi.
Melihat begitu pentingnya mata pelajaran PAI di sekolah, jangan sampai hanya formalitas telah dilaksanakan, tetapi harus mempunyai makna bagi peserta didik. Diantara caranya adalah dengan adanya inovasi pembelajaran. Salah satu bentuknya adalah pembelajaran PAI berbasis Information and Communication Technology (ICT) atau sering disebut dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) serta adanya dan tepatnya media dan alat peraga, Sehingga Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan menyenangkan ( PAIKEM ) dapat kami wujudkan

2.      TUJUAN PENGADAAN MEDIA
1.     Meningkatkan wawasan kependidikan Agama Islam siswa dan siswi muslim .
2.     Meningkatkan ketrampilan guru dalam penguasaan
IPTEK, sehingga pembelajaran, dan penilaian proses pembelajaranakan menjadi lebih maju.
3.     Meningkatkan kemampuan guru dalam menganalisis kemampuan siswa
4.     Memberikan gambaran pada guru keterkaitan antara pembelajaran PAIKEM dengan  Kurikulum Berbasisi KTSP.
5.     Meningkatkan ketrampilan kesiapan dan tanggungjawab siswa untuk memimpin diri sendiri dan kelompok – kelompok kecil

3.      TARGET DAN SASARAN
1.        Secara Umum
a)     Meningkatkan pembelajaran siswa  siswi kami yang beragama Islam serta mampu menerapkan pembelajaran PAKEM dengan kurikulum KTSP  dalam proses pembelajaran berbasis Multimedia .
b)    Prosentase hasil akhir dan mutu pendidikan Agama Islam tidak mengalami penurunan seiring dengan peningkatan standar nilai minimal lulus yang di tetapkan oleh sekolah.
2.        Secara Khusus
a)     Target peningkatan mutu  Pembelajaran MAPEL Pendidikan Agama Islam dapat tercapai.
b)    Target kualitas dan mutu siswa siswi muslim meningkat.
c)     Siswa dapat menerapkan teori  dan  praktik pada tiap SK/KD.

VI. PENUTUP
Demikian proposal  Pengajuan pengadaan media dan alat peraga ini kami buat, dan atas perhatian serta terkabulnya proposal ini kami ucapkah terima kasih dan mudah – mudahan semua ini dapat menjadikan kemashlahatan bersama bagi kita, Amin
                                                                                                         Pati, Juni  2010

             Mengetahui
              Ketua                                                                  Koordinator  MGMP PAI


             ..................................                                                ............................

0 komentar :

Posting Komentar

 
Template designed by Liza Burhan